jump to navigation

ISP USB Downloader Atmel MCS-51 10/06/2009

Posted by Dian Agus in Elektronika, MCS-51, Tips & Trik, tutorial.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Jaman sekarang sudah banyak yang pakai laptop untuk “beraksi”. Seperti kita yang bergelut dalam bidang mikrokontroler sudah sewajarnya beralih ke standar baru yaitu “standar laptop” artinya pakai Universal Serial Bus (USB). Karena laptop jaman sekarang sudah tidak ada port paralel atau port serial lagi. Apalagi dengan kemampuan USB yang layak dipertimbangkan, karena efisien, cepat, efektif, mudah serta kompatibilitas dan dukungan hardware yang hampir semua merujuk ke USB.

Sebulan yang lalu saya hunting tentang apa, bagaimana dan alat apa yang cocok untuk dibeli atau dibuat berkaitan dengan downloader Atmel untuk MCS-51, tentu saja yang menggunakan USB. Saya menemukan beberapa diantaranya ada yang langsung minimum system dan ada yang hanya koneksi ISP. Akhirnya saya pilih untuk menggunakan downloader yang menggunakan koneksi ISP saja, disamping saya bisa sembari meng’kompatibel’-kan hardware buatan saya saya juga bisa menghemat dana.

Beberapa toko online saya datangi, diantaranya yaitu: Toko Robot, Prasimax atau Delta Elektronik. Entah kenapa akhirnya saya memilih Prasimax.. dan saya saat itu mantap sekali dengan tampilan web-nya, interaktif, mudah walaupun agak lebih mahal dari beberapa kompetitornya. Setelah mengirim form pemesanan dan mentransfer sejumlah dana, 2 hari kemudian pesanan itu sampai di rumah. diantaranya yaitu:

Isi dari pesanan saya, K-51

Isi dari pesanan saya, K-51

  • 1 set Downloader USB + penjelasan 1 lembar
  • 1 kabel USB
  • 1 kabel konverter ISP
  • CD Driver
  • Packing

Inilah beberapa tips untuk menghubungkan K-51 ke Laptop anda:

  1. Buka CD Driver bawaannya Instal Prolific di folder driver Win XP, jika meminta ser2pl.sys arahkan ke folder Driver Win98,2K dalam CD bawaan. Copykan folder ISP_PROG V1.3 ke dalam HardDisk anda. jika ga ada download di sini. Simpan kembali CD Drivernya.
  2. Restart Laptop anda
  3. Buat rangkaian AT89Sxx tanpa reset, (saya pernah mencoba menggunakan POR (power on reset yang ada di MPD-ISP V1.1 buatan saya) gak jalan. contoh rangkaian:
    Hardware target sementara, untuk testing aja..

    Hardware target sementara, untuk testing aja..

  4. Jalankan ISP_PROG V1.3 terlebih dahulu sebelum menancapkan kabel USB
  5. Tancapkan kabel USB Bawaan beserta K-51
  6. Jangan lupa posisi saklar S/P harus ke P (Programming)
  7. Kini hardware target siap digunakan di Laptop Anda.

Menghubungkan K-51 ke Hardware Target dan ke USB Laptop

Menghubungkan K-51 ke Hardware Target dan ke USB Laptop

Tunggu postingan selanjutnya tentang penggunaan ISP Prog V1.3

Jika bawaan CD ga bisa di buka anda bisa download di sini

Comments»

1. Dudy - 02/11/2009

Oke Banget nih postingannya , tapi schematic downloader usb mana
mas….?

2. Dian Agus - 03/11/2009

Maaf Dudy, saya cuman pakai jadi, coz kalau buat Interface via USB pakai CHIP FTDI yg kakinya buanyak dan kecil-kecil itu trus belum lagi Interface ke ATMEL-nya, dari pada menghabiskan waktu untuk eksperimen USB Downloader, maka saya putuskan untuk beli jadi (khusus downloadernya) toh kita bisa lebih mudah untuk memikirkan inovasi yang lain… tul ga mas..?

3. OgaTha - 26/12/2009

http://www.8051projects.info/blogs/post/USB-8051AVR-programmer.aspx

alamat untuk gambar rangkaian usb downloader s51

Dian Agus - 05/01/2010

thanks Ohm Ogatha, menambah ilmu kita semua… langsung menuju ke TKP and coba buat…..

4. didiks - 30/11/2010

terima kasih infonya….
lagi belajar mikro nih. tapi laptopnya hanya ada USB aja.

5. toyib - 14/07/2011

sangat berguna luar biasa…..

saya juga lagi belajar MCS-51 tapi di laptop saya hanya ada USB….
hehehehe…..

Dian Agus - 19/07/2011

trimakasih sahabat toyib, semoga bermanfaat…, kan ada downloader yang pakai USB jadi gak ada alasan lagi pakai Laptop or PC untuk ngoprek… mikrokontroler…

6. toyib - 21/07/2011

wah jadi kangen pengen mengingat masa-masa lalu belajar mikro waktu masih jadi mahasiswa….

oiya bisa minta rangkaian minimum sistemnya ga?

trims

Dian Agus - 04/08/2011

sahabat toyib, jangan sampai melupakan ilmu yang sudah kita kuasai dulu, ayoooo trus ngoprek…mikro walaupun kita sudah berada di jalur lain..hihihi…, tentang schematicnya bisa langsung di search di google. sama kok..xixxi

7. toyb - 04/08/2011

ok siap…
pengen sih belajar lg ……

tapi mengingat projek yg skrg dikerjakan bukan berkaitan dengan mikro….

Dian Agus - 06/08/2011

ke deh sahabat Toyb, sukses untuk proyek Anda, yang penting terus berkarya..

8. darmansyah - 30/03/2012

mas apa downloder ini bisa di pakai di AT89LP6440

9. nick636 - 08/10/2012

gan gw mau bikin charger leptop otomatis pake mikrokontroler

::: Leptop —> serial …>Mikrokontroler—->Relay

software yang diletakan di leptop akan mengirim pesan ke mikrokontroler untuk mengaktifkan aliran jika keadaan baterai kosong dan akan mengirim pesan lagi untuk mematikan aliran jika baterai penuh..dalam kondisi hidup alat chager ini berfungsi
tapi pada kasus ini saya ingin membuat charger berfungsi jika leptop
dalam keadaan mati,..yang saya mau tanyakan kira2 ada gak rangkaian mikrokontroler yg bisa membaca baterai leptop, sehingga kalau leptop dalam keadaan mati/off, alat charger ini bisa mengisi dan menonaktifkan aliran jika baterai penuh…thanks

ramli - 31/10/2012

gan minta di share driver bawaannya donk,..ane punya tapin ga kebaca,..padahal driver installan juga ada disana please,…gan bantu ya,…


Leave a Reply

