jump to navigation

Ultrasonik: Sebagai pengukur jarak 17/01/2010

Posted by Dian Agus in Elektronika, Gambar Rangkaian, MCS-51, otomatis.
trackback

Seperti yang telah dilakukan pada eksperimen di bagian R&D di blog ini, begitu juga postingan tentang ultrasonik secara bertahap akan saya hadirkan di sini. Setelah membaca postingan ini saya harap anda sudah bisa membuat ultrasonik pengukur jarak sendiri dengan mudah, murah dan memiliki ketelitian yang relatif cukup sebagai pengganti meteran konvensional.

Saat gelombang ultrasonik memancar dari transducer ultrasonik maka gelombang secara langsung akan mengenai penerima sehingga diberikan jarak tertentu agar kita saat membuat program bisa membuat tundaan dalam mengaktifkan penerima. Jarak yang ideal untuk mikrokontroler AT89S51 adalah 2.5 cm (1 inci) karena gelombang suara merambat dengan kecepatan 340 m/s maka dengan jarak 2.5 cm akan menghasilkan tundaan sebesar 7.3529411764705882352941176470588 e-5 detik (saya hitung menggunakan kalkulator di Windows XP) sehingga sama dengan 73 us. Transduser ultrasonik saya tempatkan pada bekas sisa kaset handycam, seperti tampak pada gambar berikut ini:

Comments»

1. muhammad - 27/03/2010

siang om…saya baru mengenal mikrokontroler dan saya sangat tertarik..mohon bimbinganya…mas, karna saya dari nol..thx mas…087724088859/ sambelkorut@yahoo.com

Dian Agus - 31/03/2010

Ok, kita sama-sama belajar aja. ikuti aja postingan di sini, kebanyakan yang saya post kan adalah dasar. dan saya biasanya ber-eksperimen sendiri, jadi relatif lebih mudah untuk diterapkan step by step.

2. Setiyawan - 19/12/2011

mas,, kalo ultrasonic sebagai komunikasi dalam air bisa ga?

Dian Agus - 21/12/2011

pada prinsipnya sih bisa mas, tapi trasnducer yang bisa berjalan (tidak rusak) saat di dalam air yang jadi masalahnya

3. Setiyawan - 21/12/2011

trus kalo mau buat hidrophone solusinya gimana?

4. kang ibnu - 14/06/2012

artkel bagus mas…bisa minta artikel lengkapnya pake mikrokontroler AT89S51 ….? output di LCD apa seven segment…/mohon kirim ke email saya

Dian Agus - 17/06/2012

waduh sudah di dasar lautan data di hardisk saya mas, coba tak cari dulu ya… file nya masih ada atau gak…


Leave a Reply

