jump to navigation

SIMULASI ROKET AIR “NININO” 27/08/2010

Posted by Dian Agus in Rocket, Simulasi, Tips & Trik.
trackback

Menyambung tulisan kemarin tentang perakitan roket air, maka sebelum di luncurkan perlu kiranya kita simulasikan terlebih dahulu sehingga kita bisa mengetahui performa dari roket yang saya beri nama “NININO”

Sekilas tentang “NININO”

Roket saya yang pertama ini diberi nama oleh anak saya Muhammad Mu’izzuddin Adz-Dzaki (umur: 28 bulan). Dia selalu bilang NININO kalau orang yang tidak mengerti apa yang dikatakannya. Karena masih belum fasih melafadzkan, kadang-kadang kata-kata yang muncul tidak begitu jelas misalkan kata “MOBIL” maka dia mengatakan “OBIN” nah, jika yang diajak bicara itu gak paham trus dia jawab sampai 3x  (OBIN, OBIN, OBIN) maka yang keempat pasti akan mengatakan “NININO”, kadang kadang “UPA-UPA”, nah karena kelucuannya maka nama ini saya abadikan menjadi nama roket air pertama saya…

Simulasi Roket Air “NININO”

Simulator roket air ini saya dapatkan di: http://www.et.byu.edu/~wheeler/benchtop/sim.php , silakan menju ke link ini untuk memulai simulasinya.

  1. Input Data Ukuran Roket, Pertama kali, agar simulator mengetahui ukuran roket kita maka terlebih dahulu kita memberikan (input) data roket seperti tampak pada gambar dibawah ini:

    Varibel Data Roket "NININO"

  2. Hasil Simulasi, Setelah input data selesai dimasukkan maka klik pada tab RESULT maka akan tampak halaman seperti pada gambar dibawah ini:bisa dilihat hasilnya jika input diberikan seperti gambar diatas, maka ketinggian roket mencapa 80 m, dengan waktu tempuh 8 detik.
  3. Grafik Akselerasi Roket, untuk melihat grafik dari akselerasi (percepatan dari roket maka bisa di klik PLOT dan klik pada radio button Acceleration, seperti pada gambar dibawah ini:

    Grafik Akselerasi Roket NININO

  4. Grafik Kecepatan Roket, sedangkan untuk melihat grafik dari akselerasi (kecepatan dari roket maka bisa di klik PLOT dan klik pada radio button Velocity, seperti pada gambar dibawah ini:

    Grafik Kecepatan Roket NININO

  5. Grafik Ketinggian Roket, sedangkan untuk melihat grafik dari ketinggian maksimum roket maka bisa di klik PLOT dan klik pada radio button Height, seperti pada gambar dibawah ini:

    Grafik Ketinggian Roket NININO

Demikian, simulasi roket NININO, sebagai bahan acuan , nah besok saatnya percobaan…. Saksikan liputannya hanya di https://diagmatronics.wordpress.com

Artikel Terkait:

Comments»

1. Persiapan Pembuatan Roket Air « diagmatronics - 27/08/2010

[…] SIMULASI ROKET AIR “NININO” « diagmatronics – […]

2. assembler « Эхо блогосферы - 27/08/2010

[…] Dian Agus пишет: annml on AVR Assembler (Part 2) · Dian Agus on Ultrasonic (part 2)-Schematic … rhy on Ultrasonic (part 2)-Schematic … Dian Agus on Saklar Suara (Sound Activated… Dian Agus on Saklar Suara (Sound Activated… … […]

3. PELUNCURAN ROKET NININO « diagmatronics - 31/08/2010

[…] Simulasi ROKET […]

4. Perakitan Roket Air « diagmatronics - 31/08/2010

[…] Simulasi ROKET […]

5. Satu - 31/08/2010

Kabotan sayap …🙂

Dian Agus - 01/09/2010

itu cuman efek foto nya aja keliatan besar….btw thanks commentnya…

6. Astonix - 05/09/2010

Sudah coba ke site-nya, tapi butuh plugin buat browsernya.
Btw, bikin perangkat lunak sendiri ajah Mas biar ga harus online simulasinya🙂

7. Dian Agus - 11/09/2010

bagus mas, nanti di share ya.. kalo sudah jadi..he..he..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: