jump to navigation

PELUNCURAN ROKET NININO 31/08/2010

Posted by Dian Agus in Hobby, Merakit, Review, Rocket, Tips & Trik, tutorial.
trackback

Baru saja roket saya luncurkan, bersama dengan anak saya, Adz-Dzaki. Launcher tidak saya buat secara spesial akan tetapi saya menggunakan kursi plastik yang ditengah ada lubangnya, seperti tampak pada gambar berikut ini:

Launcher sederhana dari pemanfaatan kursi plastik berlobang

Peluncuran berjalan dengan sukses, sekalian membuat mainan baru bagi anak saya… berikut foto saat memompa udara kedalam roket sebelum diluncurkan…

membuat bahagia orang dapat pahala, apalagi membuat bahagia anak

Sebelum roket meluncur…sedikit demi sedikit udara masuk melalui pompa dan pentil bluduk..bluduk.. begitu air yang terisi udara, setelah agak penuh bunyinya berganti krak-krak… karena botol air mineral yang mendapat tekanan udara keluar… demikian sampai siap diluncurkan seperti tampak pada gambar berikut ini:

Roket NININO siap meluncur...

Setelah mencapai tekanan tertentu (belum bisa diukur berapa tekanannya) maka meluncurlah roket itu melebihi genteng gedung tingkat disamping rumah…(tidak tau tepatnya berapa meter) bisa  kira-kira 10 meter lebih dengan durasi 8 detik dari mulai meluncur sampai jatuh ketanah. Hal ini saya variasikan dengan banyaknya air yang disisikan dalam tabung..

variasi jumlah isi air dalam tabung

Semoga penelitian kecil ini menjadikan inspirasi bagi anda para pembaca.

Artikel terkait:

Comments»

1. SIMULASI ROKET AIR “NININO” « diagmatronics - 31/08/2010

[…] PELUNCURAN ROKET NININO « diagmatronics – […]

2. Perakitan Roket Air « diagmatronics - 31/08/2010

[…] PELUNCURAN ROKET NININO « diagmatronics – […]

3. Persiapan Pembuatan Roket Air « diagmatronics - 31/08/2010

[…] Pengadaan Pompa […]

4. Satu - 31/08/2010

kabotan sayap e🙂

Dian Agus - 01/09/2010

yang penting sudah teruji sahabat wahidi….. dan bisa melesat….

5. Sadi Saputra - 01/09/2010

mas, saya pernah lihat simulasi video peluncuran roket air, tp saya masih bingung gimana cara kerjanya…
neh ada tambahan ilmu dari mas agus, saya izin download ilmunya ya….
buat saya prektekin…
semoga Allah yg membalas mas gus.

Dian Agus - 01/09/2010

kalo masalah ilmu roket banyak kok, dari yang amatir pakai Air jangkauan puluhan meter, sampai ada yang pakai KNO3 dan Gula yang memiliki jangkauan 2 km baca juga di http://www.hydroflite.net/Rocket_Science.html juga baca di http://www.npl.co.uk/educate-explore/water-rocket-challenge/ , semoga link nya bermanfaat…

6. Ahmad Sahwawi - 10/09/2010

Assalamu’alaikum. Wr.Wb…
Selamat hari raya idul fitri 1431 Hijriah.
Saya juga gemar sekali dengan roket air dan terimakasih mas uda ngasih banyak info2 roket airnya, semoga Allah swt yang akan membalasnya. Amin…
Ohya, saya minta pendapat dari mas2 yg lebih berpengalaman ini:
jikalau untuk pembuatan double stage dan recovery system bisa gak pake konstruksi besi dan stainless stell?

http://Sahwawi136@rocketmail.com
(konsultan roket amatir)

Dian Agus - 11/09/2010

wa’alaikum salam ww. Selamat Idul Fitri juga mas Sahwawi. Amin semoga infonya bermanfaat dan tentu saja ilmu saya masih sedikit dibandingkan yang lain dan saya masih banyak belajar untuk membuat roket amatir, ayo kita belajar bersama-sama.


Leave a Reply

