jump to navigation

Cara Menggunakan K-51 USB MCS-51 Downloader 28/10/2014

Posted by Dian Agus in Elektronika.
Tags: , , ,
trackback

Hai sahabat diagmatronics..

Hari ini saya akan berbagi bagaimana menggunakan downloader menggunakan USB yaitu K-51. Dalam paket penjualannya terdiri dari beberapa yang seperti gambar dibawah ini:

Gambar 1. Paket penjualan Downloader K-51

Gambar 1. Paket penjualan Downloader K-51

Harga downloader ini berkisar antara Rp. 125.000,- sampai dengan Rp. 150.000,- rentang harga ini yang biasanya ditetapkan para distributor untuk menawarkan di website mereka. Sahabat hanya sedikit browsing dan bisa mendapatkan barang yang paling murah.

  1. Pertama yang anda lakukan adalah membuka paket yang anda terima seperti gambar diatas.
  2. copy program ISP_PROG V1.3 yang ada di CD ke Hard disk anda, buat shortcut agar memudahkan mengaksesnya PIN kan di START MENU dengan cara klik kanan program tersebut dan pilih [Pin this program to start menu]
  3. Install driver Prolific, saya yakin anda semua menggunakan windows 7 sebagai OS nya maka pilih yang Vista Installer didalam CD [Driver\Driver Vista] pilih Vista installer.. klik next sampai selesai.
  4. Setelah selesai maka yang harus anda kerjakan adalah memindah comport di rentang yang kosong antara COM1 – COM6 karena Program ISP_PROG V1.3 hanya bisa menggunakan pin COM virtual dari COM1 – COM6. Caranya Klik START MENU, sorot ke My Computer klik kanan trus klik Properties. Setelah muncul jendela baru klik Device Manager, klik bagian yang dilingkari warna merah 2x (Prolific USB to Serial Comm Port (COM2) ) dalam contoh ini sudah pada posisi COM2 jadi gak usah diganti
    Gambar 2. Mengubah commport Prolific

    Gambar 2. Mengubah commport Prolific

    Jika belum berada di COM1 – COM6 maka klik 2 kali pada gambar 2 sehingga muncul Properties seperti pada gambar 3, klik tab Port Setting, Klik Advanced..

    Gambar 3. Port Setting untuk mengubah posisi COMM Port

    Gambar 3. Port Setting untuk mengubah posisi COMM Port

    Setelah itu ubah posisi COM

    Gambar 4. Com Port yang akan diubah

    Gambar 4. Com Port yang akan diubah

    Cari posisi yang kosong antara 1-6

  5. INI PENTING!!! Sebelum Kabel USB dan Downloader dipasang/ditancapkan ke Komputer PC atau Laptop buka terlebih dahulu ISP_PROG V1.3. Karena beberapa kali menurut pengalaman saya gak berhasil jika tidak seperti cara nomer 5 ini
  6. Setelah ISP_PROG V1.3 terbuka klik OPTION dan setting port sesuai dengan seting yang anda gunakan di langkah 5 (gambar 4) dalam contoh ini COM2
  7. Klik Device masih pada tab OPTION pilih IC yang anda gunakan
  8. Load File Hex anda dan coba cek IC anda dengan klik pada READ DEVICE SIGNATURE dan klik tombol RUN sperti pada gambar 5 berikut ini:
    usbispprogv13readdevicesignature

    Gambar 5 Read Device Signature ISP_PROG V1.3

    Gambar 6 proses verify sudah berhasil

    Gambar 6 proses verify sudah berhasil

    Jika sampai proses ini maka anda sudah berhasil menghubungkan downloader K-51 dengan laptop anda maka langkah selanjutnya tinggal Write CHIP dan verify seperti gambar 6 . Jika sudah berhasil sampai tahap ini maka Chip anda sudah bisa digunakan. SELAMAT MENCOBA.

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: